Random Posts

Latest in Tech

Sidalih lelet

Iya, saat ini pengoperasian sidalih sedang mengalami penurunan performa, hal ini disebabkan karena proses yang berjalan  bersamaan dan update feature2 yang ternyata membutuhkan sumber daya yang lebih banyak

Kenapa sih bisa lambat? kan tidak sebanyak waktu pilpres dan pileg

SIDALIH ditujukan untuk memberikan informasi yang terbaru tentang daftar pemilih, untauk itu maka terdapat feature dataganda, feature ini adalah memeriksa data pemlih apakah sudah terdaftar pada daerah lain atau belum. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup banyak karena setiap data pemilih  yang ditambahkan ke dalam sidalih baik itu baru maupun tidak, maka SIDALIH akan melakukan pemeriksaan kegandaan untuk setiap data pemilih.

Cara kerja operator, berdasarkan hasil laporan dari operator pemilih yang tidak terdapat pada daftar A.KKWK, maka akan langsung dicoret dari daftar dengan keterangna yang sesuai (misalnya tidak dikenal).
Tapi ternyata pemilih tersebut ada pada daerah lain, daerah lain bisa hanya beda RT dan RW saja. Lalu yang dilakukan oleh petugas adalah
Petugas 1
  1. Saring pemilih yang tidak dikenal
petugas 2
  1. Tambah pemilih baru

Sebenarnya pemilih tersebut hanya beda RT atau RW, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah cukup pindah TPS. Ternyata cara pindah TPS tidak bisa dilakukan karena berkaitan dengan rekapitulasi dari masing-masing petugas yang harus dipertanggungjawabkan. Jika hanya pindah TPS jadinya tidak ada rekapnya, sedangkan pada akhir masa penentuan DPS selain DPS tersebut adalah pertanggung jawaband ari petugas PPK PPS terhadap data2nya.

Diharapkan ini menjelaskan kenapa proses dalam SIDALIH lambat.

Solusi:
Oh ya, saya akan ungkapkan sedikit solusi yang sedang dijalankan saat ini
  1. Tambah server dengan spesifikasi terbaik
  2. Tambah storage
  3. Membagi beban database dan web server ke beberapa server. Server Database saat ini sudah menjadi 4 buat dan server webserver sudah menjadi 2 buah dengan load balancing.
  4. Perbaikan dari aplikasi.
oh ya berapa banyak tim SIDALIH?
Banyak


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sidalih lelet"

Post a Comment